-->

Tak Hanya jadi Bumbu Dapur, berikut 10 Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Apakah yang pertama kali muncul di fikiran kalian ketika mendengar kata bawang merah? Yap,benar sekali. Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan dam bumbu makanan pokok di selu nusantara. Bahan makanan ini bisa dikumsumsi baik dalam keadaan mentah ataupun matang.

Tak Hanya jadi Bumbu Dapur, berikut 10 Manfaat dan Khasiat Bawang Merah


Tak hanya sedap rasanya, bawang merah memiliki banyak manfaat atau khasiat menakjubkan yang mungkin baru kalian ketahui. Rempah-rempah yang satu ini mengandung antibakteri dan antiseptik. Berikut adalah manfaat menakjubkan lainnya dari bawang merah

1. Mencegah Kanker

Diurutan pertama bawamg merah dapat mecegah kanker,sebab si bawang merah ink dapat menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin pada bawang merah diyakini mampu menghambat serta dapat menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

Mengandung Sulfur


2. Meningkatkan kesehatan jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah jantung, cobalah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya,  bawang merah dapat membantu kerja jantung dengan kandungan flavonoid yang dibawanya. Selain itu,  bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler karena terkandung organosulfur didalamya.Rempah-rempah ini juga mengandung tiosulfinat yang dapat menurunkan resiko penyakit stroke.

3. Kadar gula darah menurun

Bawang merah juga mengandung sulfur yang dipercaya dapat menurunksn gula darah. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki masalah terkait gula darah, coba tambahkan bawang merah ke dalam menu makanan anda.

Mengandung serat


4. Melancarkan pencernaan

Mengalami gangguan pencernaan memang menjadi masalah yang serius. Anda yang memiliki gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, bawang merah juga mengandung serat untuk pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bawang merah juga dipercaya bisa mencegah diare maupun sembelit.

5. Menjaga kesehatan tulang

Suatu peneliti mengatakam bahwa bawang merah dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, bawang merah diyakini dapat menjaga kesehatan tulang serta menjaga massa tulang.

6. Mencegah peradangan

Anda yang sering mengalami radang, terutama radang tenggorokan, mulailah mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, kandungan quercetin pada bawang merah diyakini mampu meredakan radang. Selain itu, Bawang merahpun bisa membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus serta hidung tersumbat. Hal ini disebabkan kandungan sulfur pada bawang merah yang dapat menghancurkan mukus.

Bawang perkuat sistem imun


7. Memperkuat sistem imun

Bawang merah juga mengandung selenium, yang diyakini dapat meningkatkan sistem imun. Dengan memakan bawang merah, sistem imun akan bekerja lebih baik dan kalian bisa terhindar dari infeksi penyakit. Jika kalian ingin memperkuat sistem imun, cobalah untuk konsumsi bawang merah, baik mentah ataupun matang.

8. Memperlancar sistem pernafasan

Bawang merah merupakan salah satu obat antiradang. Maka dari itu, penderita asma dan alergi dianjurkan mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Anda yang sulit tertidur pulas, berpikirlah untuk mulai mengonsumsi bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini mengandung probiotik yang mampu meningkatkan kualitas tidur serta meredakan stress. Selain itu, bakteri baik yang terkandung pada bawang merah diyakini mampu merangsang kinerja otak.

10. Baik untuk kesehatan mata

Kandungan sulfur pada bawang merah ternyata juga baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut bisa merangsang produksi protein yaitu glutathione, dan berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik juga untuk kesehatan mata.

Itu tadi adalah 10 manfaat bawang merah yang menakjubkan.jika menurutmu masih ada manffat lain yang belum disebutkan,silahkan tambahkan di kolom komenter.
Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

sumber ; liputan6

0 Response to "Tak Hanya jadi Bumbu Dapur, berikut 10 Manfaat dan Khasiat Bawang Merah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel