-->

Asal Usul Bawang Merah dan Penyebarannya

Tanaman bawang merah diduga berasal dari Asia. Sebagian literatur menyebutkan bahwa tanaman ini berasal dari Asia Tengah, terutama daerah Palestina dan India, tetapi sebagian lagi memperkirakan bahwa asal muasal tanaman bawang merah berasal dari Asia tenggara dan Mediterania. 

Asal Usul Bawang Merah dan Penyebarannya


Nara sumber lainnya menduga asal usul bawang merah berasal dari Negara Iran dan Pegunungan sebelah utara Pakistan.

Dari berbagai penelusuran dalam literatur dan nara sumber, terdapat kesamaan cara pandang bahwa bawang merah merupakan tanaman yang tertua dari silsilah budidaya tanaman oleh manusia. 

hal ini ditunjukkan pada zaman I dan II Dynasti (3.200-2.700) Sebelum Masehi , dimana bangsa Mesir melukiskan bawang merah pada patung dan tugu-tugu mereka.Sedangkan di Israel, tanaman bawang merah dikenal pada tahun 1500 SM.

Catatan Yunani Kuno mengatakan, betapa tuanya umur pembudidayaan bawang merah, yakni sekitar 4000 tahun yang lalu. 

Di kawasan eropa timur, eropa barat, dan Spanyol, diperkirakan tanaman ini dibudidayakan 1000 tahun yang lalu, lalu menyebar ke Amerika tepatnya Amerika Serikat. 

Dalam penyebaran selanjutnya, bawang merah ini berkembang hingga ke Timur jauh dan Asia Selatan.

Di Jepang, budidaya bawang merah amat dikenal saat akhir abad yang sama pada bawang merah dikenal di Eropa barat. 

Pada tahun 1975, Jepang memproduksi bawang merah sebanyak satu juta ton dari sekitar 30 ribu hektar ladang, sehingga menjadi produsen nomor 2(dua) di dunia untuk kategori bawang merah.

Sedangkan untuk negara-negara lain yang tercatat sebagai produsen bawang merah antara lain Rumania, Jepang, Italia, Amerika Serikat, dan Meksiko.

Jika anda merasa informasi ini berguna, silahkan disharing kepada rekan-rekan yang lain.semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Asal Usul Bawang Merah dan Penyebarannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel